mengetahui jenis ban, Keuntungan dan kerugiannya
Assalamualaikum Wr.Wb
Para Sahabat pernahkah anda tahu bahwa jenis ban yang kita pakai sangat berpengaruh tehadap kenyamanan berkendara kita. maka saya disini mencoba memaparkan jenis- jenis ban dan beberapa keuntungan dan kerugiannya.
BAN
Para Sahabat pernahkah anda tahu bahwa jenis ban yang kita pakai sangat berpengaruh tehadap kenyamanan berkendara kita. maka saya disini mencoba memaparkan jenis- jenis ban dan beberapa keuntungan dan kerugiannya.
BAN
Ban kendaraan
dapat dibagi menjadi :
a). Ban Bias
Ban ini dibuat dengan lapisan serat arah miring. Memiliki
tapak (tread) dengan daya serap benturan yang baik
sehingga memberikan kenyamanan berkendaraan. Adapun
ketahanan terhadap keausan dan guncangan (rol) tidak
sebaik ban radial.
b). Ban Radial
Lapisan serat pada ban ini menyilang lingkar ban, ditambah
lapisan sabuk searah lingkar ban. Tipe ban ini, sabuk
terbuat dari serat baja. Ban ini disebut ban radial baja.
Tapaknya lebih kaku, lebih tahan terhadap guncangan dan
keausan daripada tipe bias, namun kurang nyaman pada
jalan tidak rata.
c). Ban Tubeless
Tipe ini
dirancang untuk menahan udara langsung didalamnya tanpa menggunakan ban
dalam. Dilengkapi dengan lapisan dalam untuk menghindari kebocoran udara serta
berfungsi untuk menghambat udara bocor dengan cepat saat ban tertusuk, sehingga
tingkat keamanannya cukup baik. Keuntungan Ban Tubeles yaitu saat ban terkena
paku atau benda tajam lainnya, tread dan liner mencengkeram kuat pada paku,
sehingga dapat mencegah kebocoran udara sehingga ban tidak cepat kempis. Karena
udara dalam ban berhubungan langsung dengan rim, transfer radiasi panas akan
lebih baik. Dengan dihilangkannya ban dalam, flap dan side ring ban menjadi
lebih ringan.
PERBEDAAN BAN TUBELLESS DENGAN BAN BIASA
Roda dengan
Ban Bias dan Ban Radial
KODE UKURAN BAN
• Umumnya
ukuran ban dan roda berdasar lebar, kekerasan,
• ketebalan,
serta sifat lainnya.
Contoh nominasi ban
• Dengan Ban dalam (Ban bias) 10.00 – 20 – 14PR
• Dengan Ban dalam (radial) 10.00 R – 20 – 14PR
• Tubeless
Ban bias 11-22.5 – 14PR
• Tubeless
Ban radial 11R-22.5 – 14PR
• Ban radial ultra flat 225 / 70 R22.5
– 14 0 / 137J
Membaca Kode Ban
a. Ban
dengan ban dalam
10.0 – R – 20 – 14PR
Keterangan :
• 10.0
: Lebar ban (inchi)
• R
: Konstruksi radial
• 20
: Diameter rim (inchi)
• 14PR
: Kekuatan ban (PR)
b. Ban
tubeless
11 – R – 22.5 – 14PR
Keterangan :
• 11
: Lebar ban (inchi)
• R
: Konstruksi radial
• 22.5
: Diameter Rim (Inchi)
• 14PR
: Kekuatan ban (PR)
Metode
ISO
Ban radial ultra flat
225 / 70 –
R – 22.5 – 140 – 137 – J
Keterangan :
• 225
: Lebar ban (inchi)
• 70
: Rasio Ketebalan
• R
: Konstruksi radial
• 22.5
: Diameter Rim (Inchi)
• 140
: Indek muatan (roda tunggal)
• 137
: Indek muatan (roda ganda)
• J
: Simbol kecepatan
KEKUATAN BAN
PR (Play Rating)
• Rating
merupakan satu istilah yang dipakai untuk menyatakan kekuatan ban, berdasarkan pada kekuatan serat
katun yang ditentukan oleh JIS. Semakin banyak jumlah lapisan, semakin tinggi kekuatan ban.
Dengan kata lain, jumlah ini menyatakan berapa banyak lapisan benang
katun (carcass) yang membentuk kerangka ban yang sama. 14PR tidak berarti bahwa
ban mempunyai 14 lapisan serat
katun.
Pola tapak ban (Tread pattern)
• Jenis,
ukuran dan play rating ban ditentukan pada tahap desain kendaraan, tetapi pola
tapak dapat ditentukan menurut kondisi pelayanan. Menurut tapaknya secara umum
ban diklasifikasikan menjadi 5 pola
dasar sebagai berikut :
Masalah pada ban
• Hydroplanning
Genangan air di jalan yang menjadi penyekat antara ban dengan permukaan jalan, sehingga mengurangi daya cengkeram ban (road holding).
Genangan air di jalan yang menjadi penyekat antara ban dengan permukaan jalan, sehingga mengurangi daya cengkeram ban (road holding).
• Faktor yang mempengaruhi hydroplanning :
Aman Berbahaya
1). Kecepatan : Rendah Tinggi
2). Tekanan Angin : cukup Rendah
3). Alur Telapak Ban :Ada alur Gundul
Kerusakan luar
• Rib
Tear
Ada bagian alur Rib yang robek dan terlepas
dari telapak
ban. Tear Rib disebabkan posisi telapak ban
tidak menapak
ke permukaan jalan dengan sempurna, sehingga konsentrasi
berat hanya bertumpu pada sebagian kecil
telapak. Karena
beban tidak sesuai dengan kekuatan bagian
ban yang
memikul, maka terjadi kerusakan.
• Separation
Pada bagian luar ban terjadi benjolan (bagian yang
menggelembung) terutama pada shoulder, atau pada
sidewall. Ini disebabkan terlepasnya ikatan ply-cord dari
karet ban yang disebabkan beban berat, tekanan angin
kurang dan kecepatan tinggi.
Pada bagian luar ban terjadi benjolan (bagian yang
menggelembung) terutama pada shoulder, atau pada
sidewall. Ini disebabkan terlepasnya ikatan ply-cord dari
karet ban yang disebabkan beban berat, tekanan angin
kurang dan kecepatan tinggi.
• C.B.U
Terputusnya ply-cord pada sidewall,
kerusakan dapat dilihat
dari sisi dalam ban. Penyebab kerusakan ini
adalah tekanan
ban sangat kurang, sehingga terjadi defleksi (pergerakanpergerakan)
yang besar pada sidewall. Gaya regang tarik
yang berulang-ulang menyebabkan ply-cord
putus.
Ban Aus Pada
Shoulder Atau Di Tengah
kejadian ini efek dari tekanan angin tidak standar atau tidak sesuai.
jika tekanan angin kurang ban aus pada sisi shoulder, sedangkan jika aus pada bagian tengah ini akibat tekanan angin berlebih.
Keausan Ban
Sebelah Dalam Atau Sebelah Luar penyebabnya :
1. camber tidak Tepat
2. Deformasi atau kelonggaran yang berlebihan pada bagian suspensi akan
mempengaruhi front wheel alignment, dan mengakibatkan keausan ban tidak normal.
3. Keausan karena
menikung,
Keausan Akibat
Toe-In Atau Toe-Out (ban Aus Berbulu)
Keausan Toe – and – Heel
Akibat pengereman mendadak dan berulang ulang
ROLLING RODA
pada kendaraan mobil dilakukan rolling roda dengan maksud menukar posisi roda agar umur pemakaian semakin lama.
arah rolling roda :
1.Tanpa ban cadangan
ban bagian depan masing masing ditukar dengan ban bagian belakang
2.Tanpa ban cadangan
ban bagian depan masing masing ditukar dengan ban bagian belakang, tetapi menyilang
3.Dengan Ban cadangan
Ban cadangan menggantikan ban belakang kanan, ban belakang kanan menggantikan ban kanan depan, kanan depan menggantikan belakang kiri, Belakang kiri menggantikan depan kiri, depan kiri masuk ke ban cadangan.
itulah pengetahuan saya yang dapat saya tuangkan kedalam tulisan semoga bermanfaat.
SELESAI MASSSSSSS
Comments
Post a Comment