kode sensor motor injeksi



Cara diagnosanya Arti nilai kedipan :
1x = 10                                   1x  pendek = 1

Kode Diagnosa Berdasarkan Kedipan:
12x = Tidak ada sinyal normal yang diterima dari crankshaft position sensor.
Penyebab:
  • Rangkaian kabel rusak atau terdeteksi hubungan pendek
  • Crankshaft position sensor rusak
  • Pulse coil rotor rusak
  • Connector sensor tidak terpasang sempurna

13x = Rangkaian sensor tekanan udara masuk rusak atau ada hubungan pendek
Penyebab:
  • Kabel putus atau terdeteksi ada hubungan pendek
  • Intake air pressure sensor rusak
  • Connector sensor tidak terpasang sempurna

14x = Sistem tekanan udara masuk rusak
Penyebab:
Intake air pressure sensor

15x = Rangkaian throttle position sensor rusak atau ada hubungan pendek
Penyebab:
  • Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
  • Throttle position sensor rusak
  • Connector sensor tidak terpasang sempurna

16x = Trottle position sensor macet
Penyebab:
  • Throttle position sensor macet
  • Throttle position sensor rusak

22x = Rangkaian sensor temperature udara masuk rusak atau ada hubungan pendek
Penyebab:
  • Kabel putus atau terdeteksi ada hubungan pendek/ short circuit
  • Intake air pressure sensor rusak
  • Connector sensor tidak terpasang sempurna

24x = Sinyal dari sensor oksigen tidak normal
Penyebab:
  • Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi hubungan pendek
  • Sensor  oksigen rusak
  • Connector sensor tidak terpasang sempurna

28x = Sensor  termperatur mesin rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
Penyebab:
  • Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek</li
  • Engine temperature sensor rusak
  • Connector sensor tidak terpasang dengan sempurna
30x = Kendaraan terbalik
Penyebab:
  • Kendaraan habis terbalik

33x = Rangkaian ignition coil primary coil rusak
Penyebab:
  • Rangkaian kabel terputus
  • Ignition coil rusak
  • Connector primary coil tidak terpasang sempurna

37x =
ISC (idling speed control valve) macet atau posisi terbuka penuh
Penyebab:
  • Handel gas/throttle valve rusak
  • Kabel handel gas/kabel gas rusak
  • ISC macet atau lepas

39x = Rangkaian fuel injector rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
Penyebab:
  • Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi hubungan pendek
  • Fuel injection rusak
  • Connector fuel injector tidak terpasang sempurna


41x = Rangkaian lean angle sensor rusak atau ada hubungan pendek
Penyebab:
  • Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
  • Lean angle sensor rusak
  • Connector lean angle sensor tidak terpasang

42x = Sinyal dari speed sensor tidak normal
Penyebab:
  • Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
  • Speed sensor rusak
  • Connector speed sensor tidak terpasang baik

44x = Pemasukan dan pempacaan EEPROM error
Penyebab:
  • ECU rusak (penyetelan kerapatan CO dan penyetelan bukaan handle gas tidak tepat pada pembacaan dan penulisan memory)

46x = Sistem power supply pada FI tidak normal (kabel merah)
Penyebab:
  • Sistem charging tidak sempurna

50x = Memory ECU rusak (error code tidak terdisplai pada speedometer jika ECU rusak)
Penyebab
  • ECU rusak (tepatnya pembacaan atau pemsukan memory)

61x = Rangkaian ISC rusak atau ada hubungan pendek
Penyebab:
  • Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
  • Connector isc tidak terpasang sempurna

Kode Diagnosa:
D54
Sumber:
Manual Yamaha Mio J AL 115 F/FC 

Comments

Popular posts from this blog

mengatasai kendaraan roda 3 TOSSA mogok atau mati

mengetahui jenis ban, Keuntungan dan kerugiannya

job sheet teknik sepeda motor pengapian AC CDI